Monday, May 12, 2008

Memasukkan modul berbasis SCORM di Claroline

SCORM adalah sebuah standart penyimpanan konten yang dibuat mengguanakan authoring tools seperti eXe. Dengan standart SCORM maka konten yang dibuat akan dipackaging menjadi sebuah file, dan mudah diupload ke sebuah platform eLearning. Keunungan lain adalah konten bisa di-tracking, artinya kita bisa mengetahui, siapa yang membuka konten tersebut, dan sudah selesai pada halaman berapa. Ini menguntungkan bagi guru, maupun siswa. Guru bisa mengetahui proses belajar siswa, dan siswa bisa dengan mudah mengingat sampai pada halaman berapa dia telah membuka sebuah konten/modul.
Kalau di Moodle, untuk upload konten berbasis SCORM sudah ada fasilitasnya, dimana SCORM masuk dalam kelompok activity, bagaimana kalau di Claroline?
Pada eLearning Palatform ini, yaitu Claroline, maka konten berbasis SCORM juga tidak dikelompokan dalam dokumen, tetapi pada kelompok Learning Path.
Pada menu Learning Path, akan ada menu Import a Learning Path, setelah itu kita diminta upload import a eLearning path. Imported packages must consist of a zip file and be SCORM 1.2 conformable.
Klik Browse, Pilih file (SCORM), klik import, terjadi proses upload, dan sebagai judul Learning Path, adalah judul dari Modul kita.
Di samping contoh Learning Path, sebagai konten berbasis SCORM adalah Pengantar Pemrograman.

1 comment:

Deni Cendrianto said...

Kereen pak, salam kenal saya guru di www.sman1batujajar.net penggemar claroline..