Tuesday, September 02, 2008

Membuat Event Calender di Wordpress

Membuat kalender kegiatan atau event calender untuk mencatat kegiatan kita akan sangat membantu, untuk mengingat dan mengelola kegiatan kita.

Dengan event calender, kita bisa menuliskan :


  • nama kegiatan

  • lokasi kegiatan

  • deskripsi kegiatan

  • tanggal mulai

  • jam/waktu mulai

  • tanggal berakhir

  • jam berakhir

Ada plugin untuk wordpress yang saya kira cukup powerfull untuk event calender ini, plugin ini bisa didownload di Events Calendar.

Selain catatan diatas, plugin ini juga bisa langsung menuliskan kegiatan di event calender sebagi sebuah posting.

Instalasinya, cukup di extract di folder wordpress kita wp-content/plugin (tentu kita harus punya hosting wordpress sendiri, bukan menggunakan layanan free wordpress.com.

Setelah dicopy, kemudian masuk ke menu plugin dan diaktifkan.

Nah ada cara agar bisa memperbesar atau diposting di page, yaitu hanya dengan menulis [[EventsCalendarLarge]], tampilannya ada seperti ini:


3 comments:

Azwar said...

kalau untuk blogger ada ga??

Ismoyo said...

Terimakasih kak atas artikelnya. Informasi ini sangat bermanfaat bagi saya dan mudah dipahami.semangat terus kak dalam berkarya dan semoga sukses
Perkenalkan nama saya Ismoyo Budiutomo dari ISB Atma Luhur

Khaled Nafis said...

waah mantap kak infonya jadi nambah2 ilmu nih ..
perkenalkan nama saya Khaled Nafis Ramadhani
saya dari ISB Atma Luhur
terimakasih kak .. sukses selalu. Salam budi luhur.