Saturday, October 11, 2008

Google Translate

Google kembali memanjakan pengguna internet, yaitu Google Translate, bisa dikunjungi melalui http://translate.google.com

Dan pilihan bahasa sudah ada bahasa indonesia. Jadi kita bisa menerjemahkan dari bahasa indonesia ke :

* Arabic
* Bulgarian
* Catalan
* Chinese (Simplified)
* Chinese (Traditional)
* Croatian
* Czech
* Danish
* Dutch
* Filipino
* Finnish
* French
* German
* Greek
* Hebrew
* Hindi
* Italian
* Japanese
* Korean
* Latvian
* Lithuanian
* Norwegian
* Polish
* Portuguese
* Romanian
* Russian
* Serbian
* Slovak
* Slovenian
* Spanish
* Swedish
* Ukrainian
* Vietnamese

dan sebaliknya, Banyak kan?? Mau nerjemahkan dari bahasa indonesia ke inggris, indonesia ke arab atau sebaliknya inggris ke indonesia... Google Translate pilihan yang tepat

Google menggunakan automatic translation, yaitu terjemahan yang dihasilkan oleh technology-of-the-art, tanpa campur tangan manusia penerjemah. Otomatis terjemahan juga sering disebut sebagai mesin terjemahan.

Saya mencoba menggunakannya, cukup bagus hasilnya. Tentu tidak akurat sekali, tapi sudah sangat membantu. Ini juga diakui oleh google:

Kami terus bekerja di dalamnya. Bahkan saat ini paling canggih perangkat lunak, namun, tidak mendatangi dari kefasihan pembicara asli atau memiliki keahlian yang profesional penerjemah. Otomatis terjemahan sangat sulit, sebagai arti kata tergantung pada konteks di mana mereka sedang digunakan. Sementara kami bekerja pada masalah, mungkin beberapa waktu sebelum seseorang dapat menawarkan kualitas terjemahan manusia. Untuk sementara, kami berharap Anda menemukan kami menyediakan layanan paling berguna untuk tujuan.

Selain itu, dalam rangka meningkatkan kualitas, kami perlu banyak teks dwibahasa. Jika Anda memiliki jumlah besar atau multi teks dwibahasa Anda ingin berkontribusi, beritahukan kami.

1 comment:

Anonymous said...

thank's atas infonya pak.