Tuesday, January 08, 2008

mysql failed to install service

Saya mencoba moodle juga ganesa digital library dalam laptop saya, tetapi tidak dijalankan bersamaan, sementara ini masih bergantian. Untuk demo saja, moodle satu paket dengan xampp-lite, sedangkan GDL langsung amp (apache-mysql-php).
Hanya kadang kalau selesai saya jalankan GDL-start, maka moodle tidak bisa konek ke database, ternyata harus saya jalankan xampp-stop, baru GDL mau jalan.
Demikian juga ketika selesai GDL, saat mulai menjalankan moodle, meskipun xampp-start dijalankan masih belum konek ke database, dan komentarnya "mysql failed to install service".
Saya coba googling, tapi tidak menemukan cara yang spesifik, bahkan beberapa hari saya tidak bisa menjalankan GDL saya.
Tadi siang saya penasaran coba googling lagi, meskipun tidak spasifik, tapi intinya di beberapa forum, permasalahan tsb karena mysql server tidak jalan.
Sehingga saya coba cari help di mysql, maka saya mendapat jawaban, cara menjalankannya adalah sbb,
saya jalankan GDL-Start, meskipun failed, saya biarkan, kemudian
saya masuk ke console, cmd (karena saya pakai m$-win):
C:\apache\mysql\bin>mysqld-nt
kemudian saya cek:

C:\apache\mysql\bin>mysqld-nt --console
ternyata ada komentar : ready to connect

saya coba panggil http://localhost, dan ... Alhamdulillah GDL jalan lagi.

No comments: