Wednesday, January 02, 2008

Workshop Hari 1 di Unisma

Bertempat di Ruang Micro Teaching FKIP Unisma, diselenggarakan Workshop Pengembangan Pembelajaran Berbsasis ICT, yang merupakan Proyek I-MHERE Bacth II Unisma.
Acara yang berlangsung 2 hari dibuka langsung oleh Rektor Unisma.
Pada hari pertama, saya diminta oleh Ketua Pelaksana Worshop Bp. Dr. Nur Fajar Arief, M.Pd Dekan FKIP Unisma, untuk menjadi narasumber di acara tersebut, menyampaiakan materi Pembelajaran Berbasis ICT. Kurang lebih satu jam saya menyampaikan materi dengan point2 sbb :
- Ada 3 komponen utama untuk pengembangan pembalajaran berbasis ICT adalah : infrastruktur, sdm, serta konten & aplikasi
- Konten dan aplikasi saya sampaikan tentang eLearning
- Keuntungan eLearning baik dari sisi kemudahan maupun biaya
- Tool untuk eLearning antara lain : email, mailing list, forum, chat, video conference,
- Aplikasi untuk eLearning : digital library, video on demand, wikipedia, blog, web
- Beberapa model untuk pembelajaran berbasis ICT adalah dengan Learning Management Siystem (LMS), Computer Base Training (CBT), Virtual Laboratory (Vilab)

Satu jam berikutnya dilakukan diskusi, antara lain tentang cara mengelola infrastruktur secara murah di institusi pendidikan, cara mendapatkan koneksi internet murah, fitur-fitur di LMS.

Workshop hari pertama ini diakhiri dengan materi "Pengembangan Perangkat Pembelajaran Berbasis ICT" oleh Dr. Suyono, M.Pd dari UM.

2 comments:

Lori said...

Greaat post thankyou

Lori said...

Great post much appreciate the time you took to write this.