Tuesday, December 29, 2009

Instalasi Web Server di Ubuntu

Web Server adalah sebuah sistem yang menyediakan tempat bagi halaman web agar dapat diakses oleh web client/browser. Karena menggunakan arsitektur client-server, web server bertindak sebagai pihak yang menyediakan halaman web kepada client. Web server dapat menerima permintaan HTTP, kemudian merespon dengan mengirimkan kode-kode HTML.
Linux Ubuntu merupakan salah satu open source system yang semakin popular saat ini. Linux Ubuntu bukan hanya memiliki fleksibilitas dan fitur lengkap di bidang desktop, namun juga memiliki stabilitas dan unjuk kerja tinggi sebagai sistem operasi server jaringan.
Web server di Linux yang terkenal adalah Apache.

Sebagai persiapan instalasi kita perlu melakukan konfigurasi penambahan repository baik melalui internet ataupun DVD (jika memang memiliki DVD Repository sehingga instalasi tidak perlu koneksi internet).
Untuk Ubuntu, secara default kita dapat memanfaatkan repository di internet apabila kita memiliki koneksi internet yang cukup andal. Lokasi repository default dari Ubuntu adalah di server www.ubuntu.com, jika koneksi internasional tidak optimal, proses download program melalui repository di internet akan berjalan lambat.
Untuk itu, kita dapat mengubah lokasi repository yang digunakan ke beberapa repository lokal yang tersedia di berbagai mirror server Indonesia, misalnya:
  • ftp://kambing.ui.edu/pub/ubuntu/releases/9.04
  • http://archive.canonical.com/ubuntu
  • http://ubuntu.cbn.net.id/Ubuntu-Release/9.04
Cara menggantinya adalah :
  1. Salinlah file source.list yang ada di /etc/apt sebagai backup. Hal ini untuk mencegah seandainya nanti ada masalah dalam pengeditan source.list. caranya dengan mengeksekusi perintah ini di command line : sudo cp -p /etc/apt/sources.list /etc/apt/sources.list.backup
  2. Selanjutnya bukalah file source.list tersebut menggunakan software pengedit teks, seperti Gedit atau yg command-line-base.
sudo gedit /etc/apt/sources.list
kemudian coba ganti http://id.archive.ubuntu.com/ dengan (misalnya) http://kambing.vlsm.org/ubuntu/

Bila telah selesai edit, maka simpan file tersebut dengan mengeklik CTRL + S. Simpanlah file tsb dengan nama file yang sama.
setelah itu, kembali di konsole ketikan:
# sudo apt-get update

jika tidak memiliki koneksi internet ataupun koneksi lambat, kita dapat memanfaatkan DVD repository yang di dalamnya berisi software2 yang dapat kita gunakan untuk melengkapi Ubuntu kita.
Berikut ini adalah cara menambah repository dari DVD:
- Masukkan DVD Repository Ubuntu ke drive DVD, kemudian eksekusi perintah berikut :
sudo apt-cdrom add
- tunggu hingga proses scaning selesai untuk semua DVD
- Berikan nama untuk DVD Repository, misalnya "Ubuntu-Main"
- setelah itu, update dengan mengeksekusi
# sudo apt-get update

Setelah persiapan selesai, maka selanjutnya Instalasi Apache.

Cara instalasi Apache di Ubuntu adalah :
1. Aktifkan konsole, kemudian eksekusi perintah :
# sudo apt-get install apache2

2. Ketika muncul perintah Do You want to continue, ketikkan Y dan tekan Enter

3. Selanjutnya, file-file yang akan disalin ke komputer. Setelah itu, proses instalasi apache2 berjalan sampai selesai.

4. Untuk membuktikan bahwa Web Server sudah terinstal, kita tinggal membuka web browser Firefox kemudian buka halaman http://localhost sehingga terbuka tulisan It works!


5. Web server juga bisa diakses dengan browser lain, dan dari client dengan memanggil alamat IP server tersebut, misalnya http://192.168.0.1 dan hasilnya seperti gambar di atas pula

6. Tempat meletakkan file-file web adalah di folder /var/www

No comments: